Ar-Rahiim (Asmaul Husna 2)

  • Dalil

Nama ini disebutkan dalam firman Allah SWT, yang artinya “Diturunkan dari (Rabb) Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang (QS. Fushshilat : 2) dan QS. Yasiin [36]  ayat 58 yang artinya “(Kepada mereka dikatakan), “Salam”, sebagai ucapan selamat dari Rabb Yang Maha Penyayang.

  • Penjelasan Nama

Ar-Rahiim (Maha Penyayang) adalah Zat yang memiliki sifat kasih sayang khusus bagi orang-orang mukmin di dunia dan di akhirat, yakni memberikan hidayah untuk bertauhid dan beribadah, Allah memuliakan mereka dengan Jannah di akhirat, serta memberikan kenikmatan kepada mereka dengan dapat melihat wajah Allah. Kasih sayang Allah tidak terbatas kepada orang mukmin saja, kasih sayangnya tercurah untuk keturunan orang-orang mukmin setelah mereka, sebagai bentuk penghormatan kepada mereka.

  • Doa-doa yang berkaitan dengan nama Ar-Rahiim
    • Ya Allah, sesungguhnya aku telah banyak menganiaya diriku, dan tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau. Karena itu, ampunilah dosa-dosaku dan berilah rahmat kepadaku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (HR. Al-Bukhari)
    • Ya Allah, ampunilah aku, dan terimalah taubatku, karena Engkau Maha Menerima taubat dan Maha Penyayang. (HR Abu Dawud)
    • Ya Allah, sesungguhnya aku telah berbuat keburukan dan aku telah banyak menganiaya diriku, aku bertaubat dan meminta ampun kepada-Mu, ampunilah diriku karena Engkau Maha pengampun lagi Maha Penyayang. Ya Allah, hilangkanlah marabahaya yang menimpaku karena Engkau Maha Penyayang, Ya Allah golongkanlah kami bersama orang-orang yang Engkau berikan rahmat karena Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

  • Pengaruh

Orang yang mengesakan ar-Rahiim, hatinya akan penuh dengan kasih sayang, loyalitas, kecintaan dan kepercayaan. Hal itu mendorong jiwa seseorang untuk selalu mencintai saudara seiman, bermurah hati, serta selalu menolong mereka. Nabi Muhammad SAW adalah orang yang sangat mengasihi para sahabatnya, orang yang paling mencintai, orang yang lemah lembut, orang yang perhatian dan orang yang paling jujur kepada sesama mulsim.

Disebutkan dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Iyadh RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, yang artinya “Ada tiga golongan penghuni Jannah, pertama, penguasa yang adil, jujur dan terpercaya, kedua, orang yang penyayang dan lemah lembut kepada kerabatnya dan kaum muslimin, ketiga, orang yang menjaga kehormatan diri dan keluarganya.” (HR Muslim)

Ref :

DR. Mahmud Abdur Raziq Ar-Ridhwani, “Khasiat Asmaul Husna” hal. 52, Wafa Press, 2008.

1 Response so far »

  1. 1

    Hamidah Ibnu said,

    Alhamdulillah bermanfaat, menambah pengetahuan saya….


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: