Archive for Hoby / Ketrampilan

KOTAK OBAT SEDERHANA

Kotak obat ini saya buat karena banyak melihat obat yang ditaruh sana, taruh sini nggak karuan gitu.

Nah biar jadi satu saya buatkan kotak obat tapi bahannya cuma dari kardus bekas dibungkus kertas kado, sederhana sih tapi bermanfaat dan kelihatan rapi.

Bahan-bahannya seperti terlihat di gambar ini:

Kemudian untuk proses, caranya simpel tinggal kardus dibungkus kertas kado  seperti ini :

Untuk tutupnya saya buat potongan kardus seperti dibawah kemudian dibungkus kertas kado selanjutnya di kasih mika untuk tengahnya sebagai ganti kaca :

Dan akhirnya jadilah seperti di gambar ini :

Isinya ada :

Minyak Telon, Minyak Tawon, Bedak Caladine, Tes Mata Otem, Insto, Albotil, Cuttonbut, Soffel, dll.

Maaf kalo gambarnya kurang jelas.

 

Comments (1) »

BROS

Berdasarkan permintaan keponakan minta dibuatkan bros yang dari pita, akhirnya dengan pita seadanya aku buat bros sederhana dan jadinya seperti gambar dibawah ini :

Nah mawar ungu itu sebenarnya bukan dari pita lho, tapi dari kain sisa potongan baju yang kebesaran :

kemudian saya buat mawar dengan cara diputer-lipat-puter-lipat dan seterusnya seperti ini :

Tret tet tet ….. jadilah seperti ini “CANTIK” :

dan belakangnya tampak seperti ini :

Kata suami “Wah ibu ini bisa aja, itu kan sisa potongan baju kemarin?”

Comments (2) »

SESERAHAN DAN HANTARAN PERNIKAHAN

Kakak nikah tanggal 29 Desember 2011, dan untuk seserahan daripada nyuruh orang lain buatkan dan itu perlu biaya, gimana kalo aku design sendiri aja kak ? Karena kakak setuju, ya udah buat aja sendiri sejadi-jadinya, tapi hati terasa puas juga sih.

SEPERANGKAT ALAT SHOLAT

KOSMETIK

SPREI / BED COVER

HANDUK

BAJU TIDUR

JILBAB SEGI EMPAT  DAN JILBAB INSTAN

TAS DAN SANDAL

CELANA DALAM DAN BH

ALAT MANDI

JARIK

Tambah 2 parcel buah.

Demikian Cukup Sederhana bukan ???  Semoga bermanfaat.

Comments (7) »

MAHAR UANG KREASIKU

Jauh sebelumnya aku sudah mengumpulkan uang kertas yang masih baru. Rencana untuk nikahan kakakku.

Alhamdulillah sekitar bulan Oktober 2011 kakakku sudah menemukan jodohnya. Dan tanggal 29 Desember 2011 adalah hari H pernikahannya.

Awal bulan Desember itulah aku mulai project baru yaitu membuat mahar uang lipat, waktu itu aku tidak punya design apapun. Yang ada dalam pikiranku cuma seikat bunga warna-warni.

Tapi nggak tahu ya …. malah jadinya serumpun bunga dalam pot. Alhamdulillah akhirnya jadi juga dan seperti ini gambarnya :

Uang kertas itu terdiri dari :

1.000  : 10 lembar  = 10.000  untuk daun

2.000 : 20 lembar = 40.000 untuk bunga

5.000 : 20 lembar = 100.000 untuk pot, batang/ranting dan kupu-kupu

10.000 : 9 lembar = 90.000 untuk bunga

20.000 : 8 lembar = 160.000 untuk daun panjang

Jadi total mahar cuma 400.000 rupiah. Mudah-mudahan berkesan.

Oh iya  ….  ada ceritanya juga, waktu di tempat orang yang melayani jasa pembuatan pigura, kata ibu yang membuatkan pigura begini “Mbak tadi ada anak muda yang photo maharnya mbak, katanya mau ditiru designnya.”  Aku jawab aja “Iya tho buk, nggak apa2 berarti ini nggak jelek-jelek amat kan ?”

Comments (4) »

DUS KECIL JADI KANTONG

Sering lihat nota, rekening listrik, kwitansi, kertas kecil-kecil berserakan kadang bikin BT juga.

Nah karena ada dus bekas tinta ama kertas kado yang belum kepakai, ya udah bikin project baru aja yang bermanfaat.

Potong dus tinta jadi dua kemudian bungkus dengan kertas kado.  Ambil satu lembar kardus yang agak lebar (aku pakai dus bekas jam dinding) kemudian dilembarkan dan dibungkus lagi dengan kertas kado.

Setelah semua kardus terbungkus kemudian tempel dus-dus kecil tadi pada lembaran kardus sesuai selera.

Jadilah kantong-kantong bermanfaat yang bisa dipakai tempat nota, rekening dll. Kalo perlu dikasih tulisan depannya biar nggak keliru.

Ini dia finishnya :

Comments (1) »

JILBAB BEKAS TAPI BERMANFAAT

Punya banyak jilbab yang sudah nggak di pakai bingung juga mau dikemanakan ?

Pikir punya pikir akhirnya yang masih bagus-bagus aku kasih ke keponakan, dan alhamdulillah masih bisa dipakai. Eh ada tiga yang masih aku sisihkan, karena bahannya agak tebal akhirnya aku berpikir …… wah ini sih bisa dibuat sarung bantal dan guling berhias aplikasi.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  1.  3 (tiga) jilbab yang udah nggak dipakai
  2. Sisa potongan kain batik (kain perca batik)
  3. Kain keras / lampisan
  4. Benang

Peralatan :

  1. Mesin jahit (kalo nggak punya bisa dijahit pakai tangan tapi harus sabar tentunya)
  2. Gunting
  3. dll

Prosesnya buatnya seperti ini :

  1. Ambil ukuran sarung bantal, kemudian dibagi tiga. Nah tiga potongan itu diambil dari tiga jilbab yang berbeda warna. (jangan lupa kasih nat / potongan dilebihkan untuk jahitan).
  2. Kain perca batik dilapisi kain keras berlem (disetrika) kemudian potong bentuk bunga dan daun.
  3. Susun potongan bentuk bunga dan daun di salah satu kain kemudian jahit dengan tusuk sum (pasang aplikasi).
  4. Tiga potongan kain tadi satukan dan dijahit
  5.  Selesaikan jahitan sarung bantal dan sarung guling dengan dijahit.

Maaf ya kalo penjelasannya kurang memuaskan.

Comments (6) »

Cara Membuat Bunga dari Stocking

Bunga 1

Alat-alat yang diperlukan

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara Membuat :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bunga 2

Alat-alat yang diperlukan :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara Membuat :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar diambil dari : http://www.hunerworld.com

Comments (8) »

Cara Membuat Bunga dari Sedotan / Straw

Karena banyak yang tanya tentang cara pembuatan bunga dari sedotan / straw, aku cari aja di YouTube.com biar mudah dipelajari. Dan akhirnya ketemu juga.

Nah yang ini pada model tumpuk, cara pembuatannya pada prinsipnya sama dengan vidio dibawah, cuma aku pakainya sedotan / straw yang yang lebar dan tipis kira-kira lebarnya 3 cm dan model pemotongannya juga yang beda.

Coba dilihat dulu :

Nah kalo bunga krisan ini model rantai pakainya kawat kabel yang warnanya kuning, kemudian jarumnya aku pakai jarum suntik.

Prinsip pembuatannya seperti ini :

Comments (31) »

Dompet Pensil

Lagi browsing dapet cara membuat dompet, wah perlu di coba nih.

Yuk kita belajar sama-sama, ikuti saja urutan gambarnya :

Langkah 1

Langkah 2

Langkah 3

Langkah 4

Langkah 5

Langkah 6

Langkah 7

Langkah 8

Langkah 9

Langkah 10

Langkah 11

Langkah 12

Langkah 13

Terakhir jadinya seperti ini

Diambil dari => http://modernquiltlove.wordpress.com/

Comments (9) »

Bahan Dasar Clay

1. Lilin Malam:
Ini juga termasuk “keluarga” clay, biasanya untuk mainan anak-anak,
banyak dijual di toko-toko buku bermacam-macam warna dan mudah dibentuk.
Bentuk akhirnya tetap lunak tidak akan mengeras dan dapat diolah kembali.

2. Paper clay:
Terbuat dari bubur kertas, kebanyakan dijual dengan warna putih dan ada juga dengan campuran gips (seperti kapur). Hasil akhirnya keras dengan cara diangin-anginkan dan di cat diberi warna.
(dapat juga sewaktu diulenin langsung ditambah warna).
Paper clay dapat dibuat sendiri dengan cara merendam kertas.

3. Plastisin Clay (Clay Tepung):
Hampir sama dengan Lilin malam hanya saja tidak selunak lilin malam dan lebih mantap bentuknya (lebih keras dibandingkan lilin malam). Plastisin Clay dapat dibuat sendiri dan cukup mudah dikerjakan bersama anak-anak.

Bahan yang diperlukan:
- Tepung terigu : tepung tapioka : tepung beras dengan perbandingan 1:1:1.
- Lem kayu misalnya lem fox (atau sejenisnya).
- Sedikit natrium benzoat/pengawet makanan atau Borax juga tidak apa-apa. (ini tidak wajib, jika ingin hasil tahan lama
tidak berjamur).
- Cat poster/akrilik/cat air.
- Pilox bening/cat kuku bening.

Cara membuat:
- Campur tepung, masukan lem sedikit demi sedikit hingga serasa pas dan tidak lengket ditangan.
- Bagi beberapa bagian (sesuai warna-warna yang diinginkan) dan campurkan sedikit demi sedikit cat,
sampai warna yang diinginkan tercapai.
- Clay tepung siap di bentuk.
- Angin-anginkan hingga kering.
- Dapat disemprotkan Pilox transparant atau dioles cat kuku agar lebih tahan lama.

4. Clay Roti:
Ini juga dapat di buat sendiri dari sisa-sisa roti.

Bahannya:
- 1 lembar roti tawar (angin-anginkan dulu agar teksturnya agak kering).
- Lem kayu misalnya lem fox (atau sejenisnya).
- 1 sdt minyak sayur.
- Sedikit natruim benzoat/pengawet makanan atau Borax (tidak wajib).
- Cat poster/acrilic/cat air.
- Pilox tranparant/cat kuku bening.

Cara membuat:
- Sobek-sobek kecil roti tawar.
- Tambahkan lem dan uleni sampai agak kalis.
- Tambahkan minyak sayur dan pengawet, uleni sampai kalis.
- Selanjutnya sama dengan membuat clay dari tepung.

5. Polymer Clay:
Clay yang paling mahal, masih langka di Indonesia.
Proses pengeringannya dengan cara di oven (bukan pakai oven kompor).
Hasil akhirnya tergantung jenis clay nya, mau seperti kayu, batu alam, metal atau plastik.
Berbagai macam merek polimer clay dijual diberbagai toko kerajinan tangan, setiap merek mempunyai kelebihan dan kekurangan,
diantaranya yang amat dikenal dikalangan pecinta polimer clay; sculpey III, premo sculpey, premo soft, fimo, fimo soft, cernit, kato clay dan berbagai macam liquid clay (cair).

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, sah-sah saja bereksperimen dengan di campur-campur, memungkinkan hasil yang lebih bagus. Kita dapat mencampur merek clay yang satu dengan yang lain, misalnya sculpey III yang bersifat mudah di bentuk (lunak) dengan fimo (keras) namun lebih strong (tidak mudah pecah), agar clay yang didapat dari campuran tadi lebih kuat, tidak mudah pecah, dan mudah diolah.

Clay setelah dibentuk kemudian dibakar dengan oven, lama pembakaranya tergantung dari tipis tebal nya clay yang kita bakar, pembakaran pun harus cermat dan hati2, karena hasilnya bisa gosong (menghitam), atau bahkan bisa kurang matang ( lembek ).
Setelah clay dingin, kita dapat mengolesnya dengan cairan glossy selain untuk melindungi permukaan clay,
juga untuk memperindah hasil clay kita.

Dibandingkan jenis lainnya yang hanya cukup diangin-angin kan,
Polymer Clay mesti di panaskan agar mengeras dengan cara di oven (dapat menggunakan oven biasa).
Pemanggangannya dengan suhu sekitar 120c-160c selama 10 menit (tergantung jenisnya),
jika masih lembek dapat ditambah waktu pemanggannya akan tetapi jangan terlalu lama,
selain membuat aroma yang tidak enak, warnanya pun akan berubah.
Polymer yang sudah dipanggang hasilnya sangat kuat dan menarik (ada yg menyerupai plastic, batu alam, metal).

Merk-merk dipasaran saat ini diantaranya:
a). Sculpey (USA).
Kualitas: Tidak sebagus merek lain, dan harganya sedikit lebih murah dibandingkan clay berkualitas diatasnya.
Keunggulan: paling mudah di conditioning dibanding merek lain dan paling mudah dicari.
Jenis dan warna: Sculpey Original, Sculpey III, Super Sculpey, Super Sculpey Firm, Sculpey Bake and Bend, Eraserclay,
Elasticlay. (Sculpey III – semakin di uleni semain lemas susah dibentuk jadinya, tapi mungkin Super Sculpey dan Super Sculpey Firm lebih baik).

b). Fimo (Germany).
Keunggulan : kekerasan paling bagus.
Kelemahan: paling susah di conditioning.
Jenisnya (antaranya):
- Puppen FIMO (khusus warna kulit untuk boneka/patung) – Cukup keras, tapi kualitasnya bagus, enak dipakai tidak selemas Sculpey, kalau sudah dipanggang teksturnya sedikit mirip plastik.
- FIMO classic – Sangat keras, harus diconditioning lama, lebih keras dari Puppen FIMO tetapi lebih kuat.
- FIMO Soft – Mungkin tidak sekeras FIMO Classic.

c). Cernit (Germany).
Keunggulan: cocok untuk buat figurine, kualitas sangat baik, dan macam macam warna.
d). Kato Poly Clay (USA).
Kekerasannya antara Fimo dan Cernit.
e). Premo (USA).
Sama dengan perusahaan yang membuat sculpey, tapi kualitas claynya lebih baik.
f). ProSculpt.
Khusus untuk membuat boneka, pilihan warnanya hanya warna warna kulit.
g). Creall-Therm (The Netherland).
h). Modello/Formello (Germany).
i). Modelene (Australia).
j). Du-Kit (New Zealand).

Sedangkan jenis-jenis Polymer Clay:
a). Colored clay.
b). Metallic dan Pearl clay.
c). Translucent clay.
d). Textured clay.
e). Liquid polymer clay.
f). Specialty clays.
g). Air dry clay.

6. Jumping Clay:
Clay ini jika diangin-angin kan akan kering dan tidak dapat diolah lagi, hanya saja jadinya ringan seperti gabus.
Dijual dengan berbagai macam warna didalam kantung alumunium foil (biasanya).
Cocok untuk dibuat menjadi boneka-boneka hewan atau manusia kecil.

7. Air Dry Clay/clay Jepang/clay Korea:
Hampir sama dengan jumping clay, hanya saja bentuk akhirnya lebih padat.
Dijual dengan berbagai macam warna dan dibungkus dengan plastik kedap udara (biasanya).
Cocok untuk membuat miniature buah-buahan, sayuran, makanan atau lainnya.

8. Clay Asli (Tanah Liat/Keramik):
Pasti semua tahu yang ini, clay asli dari alam untuk membuat tembikar.
Cara pengeringannya setelah diangin-angin dibakar kedalam tungku.

Berdasarkan jenisnya:
- Gerabah.
- Keramik batu.
- Porselin.
- Keramik Baru.

9. Clay Imitasi :
Tidak semua tahu perihal tentang clay ini. Yang pasti clay ini biasanya digunakan di pabrik-pabrik mobil, atau industri besar lainnya untuk dijadikan model produk. Warnanya coklat tua dengan cara dipanaskan dahulu, agar dapat dibentuk. Hasil akhirnya lumayan kokoh, tapi masih bisa diolah lagi kalau dipanaskan.

10. Gips
Gips terbuat dari bahan kapur yang dikeraskan. Cara pembuatannya, adonan yang encer dicetak (menjadi pot, hiasan kulkas, pajangan, dll), diangin-angin kan lalu di cat. Atau dapat juga dipadatkan berbentuk balok, lalu di ukir menjadi patung, abstrak atau lainnya.

Posting ini diambil dari craftnclub.blogspot.com

Comments (8) »

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.