Arsip untuk Daur Ulang Barang Bekas

PERMAK BAJU

Berawal dari baju diatas yang bagian bahunya sudah lubang karena dimakan tikus (lupa sih pintu lemari nggak dikunci jadi bisa masuk si tikusnya) dan rok yang sudah lama nggak kepake aku permak menjadi jubah dan akhirnya kepake lagi untuk baju harian. Wah menyenangkankan dan memuaskan.

Lihat ni hasilnya :

Maaf gambarnya kurang jelas.

Untuk bagian bahu yang lubang gara-gara dimakan tikus aku tutup dengan karet samping kanan kiri bagian rok, he he he lucu juga :

Kemudian bagian tangan aku kasih hiasan dari kain dan kancing yang juga di ambil dari roknya tadi dan ini gambar jelasnya :

Uhuuiii bermanfaat lagi …..

Comments (1) »

TAS SEKOLAH ANGRY BIRDS

Melihat tas sekolah anak yang sudah rusak tapi sebenarnya rusaknya tidak begitu fatal karena cuma gambar depannya yang sudah sobek.

Akhirnya aku berfikir menggantinya dengan gambar Angry Birds “tokoh dalam game yang lagi ngetren”

Pertama aku menggambar pola di kertas kemudian di jiplak di kain sesuai dengan warna yang diinginkan dan jadinya seperti ini :

Gambar 1

Gambar 2

Setelah itu saya tempelkan di kain tas dengan dijahit pakai tusuk sum. Kainnya saya ambilkan dari tas satunya lagi yang juga sudah rusak.

Mudah tapi perlu kesabaran dan jadinya seperti ini :

Sengaja saya tambahkan tulisan “LUTHFI” nama anak saya dan tulisan “ANGRY BIRD” dengan benang warna cerah agar kelihatan menarik. Untuk tulisan Power Ranger tidak saya tutup karena untuk mengenang sejarah bahwa sebenarnya dulu tas itu bergambar Power Ranger.

Dan akhirnya tas itu bermanfaat untuk mengaji di TPA.

Dengan mendaur ulang / merehab / memperbaiki / permak barang bekas menjadi bermanfaat adalah suatu kepuasan terndiri.

Leave a comment »

KOTAK OBAT SEDERHANA

Kotak obat ini saya buat karena banyak melihat obat yang ditaruh sana, taruh sini nggak karuan gitu.

Nah biar jadi satu saya buatkan kotak obat tapi bahannya cuma dari kardus bekas dibungkus kertas kado, sederhana sih tapi bermanfaat dan kelihatan rapi.

Bahan-bahannya seperti terlihat di gambar ini:

Kemudian untuk proses, caranya simpel tinggal kardus dibungkus kertas kado  seperti ini :

Untuk tutupnya saya buat potongan kardus seperti dibawah kemudian dibungkus kertas kado selanjutnya di kasih mika untuk tengahnya sebagai ganti kaca :

Dan akhirnya jadilah seperti di gambar ini :

Isinya ada :

Minyak Telon, Minyak Tawon, Bedak Caladine, Tes Mata Otem, Insto, Albotil, Cuttonbut, Soffel, dll.

Maaf kalo gambarnya kurang jelas.

 

Leave a comment »

DUS KECIL JADI KANTONG

Sering lihat nota, rekening listrik, kwitansi, kertas kecil-kecil berserakan kadang bikin BT juga.

Nah karena ada dus bekas tinta ama kertas kado yang belum kepakai, ya udah bikin project baru aja yang bermanfaat.

Potong dus tinta jadi dua kemudian bungkus dengan kertas kado.  Ambil satu lembar kardus yang agak lebar (aku pakai dus bekas jam dinding) kemudian dilembarkan dan dibungkus lagi dengan kertas kado.

Setelah semua kardus terbungkus kemudian tempel dus-dus kecil tadi pada lembaran kardus sesuai selera.

Jadilah kantong-kantong bermanfaat yang bisa dipakai tempat nota, rekening dll. Kalo perlu dikasih tulisan depannya biar nggak keliru.

Ini dia finishnya :

Comments (1) »

Bunga dari Kertas Rokok (Grenjeng-jawa)

Mencipta hiasan meja bukan hanya dari bahan-bahan mahal yang dibeli di toko-toko. Hanya dengan kertas rokok yang sudah terbuang (grenjeng bhs jawanya) dapat dijadikan bunga imitasi. Berikut bahan, alat dan caranya.

bunga 2Bahan :

  • Kertas rokok (bag. dalam / grenjeng = bhs jawa)
  • Benang sari imitasi (dapat di beli di toko ketrampilan)
  • Daun imitasi
  • Kertas krep hijau
  • Kawat

Alat :

  • Gunting
  • Benang jahit
  • Sendok
  • Botol parfum / hair spray

bunga 1

Cara Membuat :

  1. Lipat dua, lembaran dalam pembungkus rokok (grenjeng)
  2. Tekuk ujungnya hingga lancip.
  3. Lekatkan pada permukaan botol parfum
  4. Belitkan benang jahit dengan jarak 1 mili pada seluruh bagian kertas rokok.
  5. Perlahan-lahan rapatkan kertas rokok tadi dengan menggunakan ujung sendok kecil atau dengan tangan.
  6. Rangkaiakan 5 lembar keras itu pada sebuah batang yang telah diberi benang sari dan daun imitasi.
  7. Balutlah seluruh batang (kawat) dengan kertas krep hijau dengan rapi.

Comments (6) »

Bingkai Photo dari Styrofoam

frame photo

Bahan dan Alat :

  • Wadah Styrofoam
  • Kain katun corak  / Sampul kado
  • Pita kain
  • Lem
  • Gunting
  • Gambar photo

styrofoam

Cara Membuat :

  • Cuci bersih wadah styrofoam
  • Potong kain corak / sampul kado melebihi besar wadah.
  • Rekatkan pada wadah. Kelebihannya dilipat ke arah belakang dengan bantuan lem.
  • Pasang photo (tercantik) /  yang diinginkan lalu rekatkan di bagian depan. Komposisinya sesuai keinginan.
  • Pasang simpul pita cantik di bagian atas atau bawah permukaan bingkai.
  • Jangan lupa memasang penyangga di belakang bingkai agar bisa diberdirikan.

Selamat Mencoba.

Comments (2) »

Pot Gantung dari Jerigen Bekas

Picture 002

Jerigen bekas dibuang, jangan !!!

Manfaatkan untuk membuat pot gantung, taruh bawah juga bisa, coba saja caranya !!

BAHAN DAN ALAT :

  1. Jerigen bekas
  2. Cat tembok
  3. Cutter / pisau
  4. Tali tambang plastik (ukuran kecil)
  5. Kuas
  6. Palu dan paku

CARA MEMBUAT :

  1. Bersihkan wadah dari kertas yang menempel.  Jika perlu cuci bersih dengan air sabun. Keringkan
  2. Potong bagian tengah wadah dengan pola yang diinginkan, misalnya peserti, segitiga, atau bulat. Gunakan cutter atau pisau tipis.
  3. Warnai seluruh permukaan dengan cat tembok sesuai warna yang diinginkan.
  4. Setelah kering, berilah hiasan gambar dari warna yang lain dan kontras.
  5. Lubangi bagian bawah wadah dengan paku untuk lubang air sebanyak 8 – 10 lubang.
  6. Pasang tali tambang plastik ukuran kecil di bagian atas / pegangan. Wadah siap untuk dimanfaatkan. (Beri tanah dan tanami bunga yang indah-indah).

SELAMAT MENCOBA.

Comments (2) »

Kartu Cantik dari Kardus Bekas

Picture 003

Kartu ucapan memang banyak di jual di toko-toko, tapi dengan kreasi tangan kita sendiri, inya Allah kita akan semakin puas dan bangga.

BAHAN dan PERALATAN :

  • Kardus bekas
  • Biji-bijian
  • Tali emas
  • Gunting
  • Cutter
  • Lem

CARA MEMBUAT :

  • Buka kertas lapisan atas kardus hingga terlihat bagian-bagian kardus yang bergelombang
  • Potong kardus ukuran 12 x 30 cm lalu lipat menjadi dua bagian
  • Tempel aneka hiasan pada permukaan kardus yang bergelombang
  • Tulis kata-kata ucapan di bagian dalam kardus
  • Buat lubang pada kedua sisi bagian atas kartu lalu kaitkan tali emas sebagai aksen, sekaligus berfungsi sebagai penutup kartu.

1

Lihat hasilnya :

2

3

Comments (24) »

Hiasan Gantung dari bubur kertas

Peralatan :

1.  Kertas bekas

2.  Lem putih (lem kayu biasanya merk Fox)

3.  Air

4.  Cat poster dan vernis (peralatan pendukung)

Cara membuat :

  • Kertas disobek-sobek kemudian direndam air selama 1 – 3 hari
  • Diblender sampai halus, kemudian disaring dan diperas sampai agak kering
  • Ampas kertas dicampur dan diaduk dengan lem putih sampai rata
  • Kemudian dicetak pake cetakan kue kering, kasih gantungan tali dan dijemus sampai kering
  • Setelah kering dicat pakai cat poster

Saya juga belum mencoba, tapi saya kira itu mudah tinggal menunggu kemauan dan kemampuan untuk berkreasi. OK !!!

Comments (5) »

“BROS” dari plastik bekas

plastik sendok1

Peralatan :

1.   plastik bekas (mis : sikat gigi bekas, sisir bekas, dll)

2.  sendok bekas (atau bisa pakai cetakan lain yang tahan api)

3.  api (pakai lilin)

Cara kerja :

Pertama: Plastik bekas sikat gigi, sisir, dan sejenisnya dipotong menjadi ukuran kecil-kecil. Kalau susah ditumbuk saja. Pilih warna plastik yang bermacam-macam, warna-warni. Boleh saja satu warna, terserah kemauan kita. Merah saja, putih saja. Atau campuran dua atau tiga warna.

Kedua: Taruh potongan-potongan kecil plastik dalam sendok. Sebelumnya sendok diisi sedikit minyak goreng (sedikit saja, atau dioles secukupnya).

Ketiga: Jangan lupa menyiapkan air dingin dalam wadah kobokan atau tempat cuci tangan, yaitu untuk mendinginkan plastik yang telah meleleh.

Keempat: Nyalakan lilin, lalu taruh sendok yang telah berisi potongan-potongan plastik di atas nyala lilin. Atur jarak api dengan sendok agar cukup panas, tetapi tidak sampai api menjilat plastik dan terbakar. Kalau terbakar, artinya sama saja kita membakar plastik dan akan berasap hitam mengandung racun dioksin.

Kelima: Plastik mulai meleleh. Kalau diukur, kira-kira suhunya sekitar 200 derajat Celcius. Bila telah meleleh semua, segera sendok dimasukkan ke dalam air dingin yang telah disiapkan. Plastik yang meleleh akan segera membeku dan lepas dari sendok. Kalau belum lepas, tekan dengan ibu jari supaya lepas. Jadilah bentukan sesuai cembungan sendok, berwarna sesuai pilihan kita.

catatan :

plastik bekas ini bisa juga diganti dengan kantong-kantong plastik yang sudah tidak dipakai kemudian digunting kecil-kecil (lembut).

Selamat mencoba !!!

Comments (7) »

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.